Apa Itu Startup Valuation?

Seperti industri lainnya, perusahaan internet memiliki metrik penilaian startup unik yang dianalisis. The Analyst Trifecta® Guide Panduan utama tentang cara menjadi analis keuangan kelas dunia. Apakah Anda ingin menjadi analis keuangan kelas dunia? Apakah Anda ingin mengikuti praktik terbaik industri terkemuka dan menonjol dari yang lain? Proses kami, yang disebut The Analyst Trifecta® terdiri dari analitik, presentasi & pandangan soft skill untuk menilai perusahaan. Dalam panduan ini, kami akan membahas metrik penilaian e-niaga yang paling penting. Metode Penilaian Saat menilai perusahaan sebagai kelangsungan hidup ada tiga metode penilaian utama yang digunakan: analisis DCF, perusahaan pembanding, dan transaksi preseden. Metode penilaian ini digunakan dalam perbankan investasi, penelitian ekuitas, ekuitas swasta, pengembangan perusahaan, merger & akuisisi,leveraged buyout dan keuangan yang harus Anda ketahui.

dasbor metrik penilaian startup

Unduh Templat Model Keuangan Startup ini dari Pasar Keuangan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membangun model keuangan untuk menilai perusahaan e-niaga, silakan lihat kursus pemodelan keuangan e-niaga kami. Dalam kursus ini, kami membangun model untuk perusahaan internet bersama-sama dari awal, termasuk semua rumus, fungsi, dan keluaran.

Metrik ini dapat digunakan untuk apa?

  • Untuk menghargai perusahaan e-commerce
  • Untuk menghargai bisnis internet
  • Untuk menghargai perusahaan Software as a Service (SaaS)
  • Untuk menghargai situs web

Apa metrik penilaian e-commerce utama untuk bisnis internet?

Mulai dari bagian atas saluran penjualan dan terus ke bawah, di bawah ini kami akan menguraikan setiap metrik penilaian startup yang paling penting secara mendetail.

Pengunjung Unik Bulanan # 1

Rumus: Jumlah semua kunjungan dari semua saluran di situs web selama periode sebulan

Pengunjung Unik Bulanan adalah tempat semuanya dimulai dengan bisnis internet. Inilah cara perusahaan mengukur jangkauan mereka, pada tingkat yang paling luas. Memiliki jumlah pengunjung unik bulanan yang tinggi tidak selalu berarti situs menghasilkan banyak uang, tetapi ini adalah indikasi yang jelas tentang seberapa besar audiens mereka dan seberapa banyak mereka berpotensi menghasilkan.

Untuk membantu mengkalibrasi pengertian skala Anda, berikut beberapa perkiraan kunjungan bulanan ke beberapa situs web, berdasarkan data dari SimilarWeb (2017).

  • Amazon - 2.400 juta pengunjung per bulan
  • Flipkart - 108 juta pengunjung per bulan
  • Blue Nile - 1,8 juta pengunjung per bulan

# 2 Tingkat Konversi Pelanggan

Rumus: Jumlah pendaftaran per bulan / pengunjung unik bulanan per bulan

Setelah pengunjung berada di situs web Anda, tugas selanjutnya adalah mengubah mereka menjadi pelanggan. Ini tidak berarti mereka membayar produk atau layanan Anda (misalnya Facebook), tetapi itu berarti mereka mengambil tindakan untuk menjadi anggota atau mendaftar sesuatu dengan memberikan informasi pribadi.

Perusahaan yang berbeda mengukur konversi dengan cara yang berbeda. Bagi beberapa orang itu mungkin menempatkan pesanan, bagi yang lain itu mungkin berarti mendaftar untuk buletin atau hanya mengklik tautan.

Tingkat Konversi Pelanggan dinyatakan sebagai persentase, yaitu 3,2%

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penilaian internet, lihat kursus pemodelan keuangan internet kami.

# 3 Rasio Pentalan

Rumus: Jumlah pengunjung yang mengklik tombol kembali atau menutup browser / Jumlah pengunjung situs

Metrik penilaian e-niaga penting lainnya. Rasio pentalan mengukur persentase pengunjung situs web yang keluar tanpa mengambil tindakan lebih lanjut. Misalnya, mereka pergi ke beranda Anda dan kemudian menekan kembali tombol "kembali" atau menutup browser tanpa mengambil tindakan apa pun di situs Anda.

Misalnya, rasio pentalan rata-rata bisa berkisar dari 20% (rendah) hingga 80% (tinggi).

# 4 Nilai Pesanan Rata-rata (AOV)

Rumus: Total pendapatan dari pesanan / Jumlah pesanan yang ditempatkan dalam suatu periode

Setelah situs memiliki pelanggan yang memesan produk atau layanan, penting untuk mengukur Average Order Value (AOV). Metrik penilaian e-niaga ini sama dengan total pendapatan dibagi dengan jumlah total pesanan berbayar (biasanya mengecualikan produk / layanan gratis dari jumlah pesanan)

Misalnya, sebuah situs web memiliki pendapatan $ 10 juta dan 50.000 pesanan pada tahun 2017. Nilai pesanan rata-rata sama dengan $ 200.

Dalam kursus penilaian e-niaga kami, kami memecah AOV secara lebih rinci dalam model Excel.

# 5 Pengguna Aktif Bulanan (MAU)

Rumus: Jumlah semua pengguna yang masuk ke situs web dalam sebulan

Monthly Active Users (MAU) adalah metrik yang mengukur jumlah pengguna yang aktif di situs web atau perangkat lunak dalam sebulan. Menjadi aktif berarti mereka masuk ke akun mereka atau terlibat dengan situs / perangkat lunak dengan cara tertentu. Metrik ini adalah ukuran keterlibatan dan perusahaan dengan banyak pengguna yang tidak pernah masuk ke akun mereka akan memiliki nomor MAU yang rendah. Metrik ini penting di berbagai bisnis internet, SaaS, dan situs web.

# 6 Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna (ARPU)

Rumus: Pendapatan / Jumlah pengguna aktif dalam satu periode

Dengan Average Revenue Per User (ARPU), pelanggan yang tidak membayar diperhitungkan. Untuk menghitung ARPU, total pendapatan dalam sebulan dan dibagi dengan jumlah Pengguna Aktif Bulanan (MAU).

Pendapatan Rata-rata Per Pengguna sangat cocok untuk perusahaan SaaS atau bisnis internet.

# 7 Pendapatan Berulang Bulanan (MRR)

Rumus: Jumlah semua pendapatan yang diperbarui secara otomatis setiap bulan

Pendapatan Berulang Bulanan (MRR) sama dengan nilai pendapatan bulanan yang berulang, artinya pengguna menggunakan langganan atau paket sehingga pendapatan mereka akan terus berlanjut hingga mereka membatalkan keanggotaan. Ini adalah metrik umum yang digunakan dalam penilaian e-commerce untuk bisnis langganan seperti Netflix, misalnya.

# 8 Tingkat Penghasilan yang Berjalan

Rumus: Pendapatan bulanan x 12

Ini penting untuk penilaian awal yang berkembang pesat. Untuk bisnis pemula, tingkat pendapatan yang dijalankan sama dengan pendapatan bulan terakhir dikalikan 12. Untuk perusahaan yang berkembang pesat, mungkin lebih berarti untuk membicarakan tingkat pendapatan yang dijalankan, hanya dengan menambahkan pendapatan historis selama 12 bulan terakhir akan menghasilkan angka yang jauh lebih rendah dari bulan terakhir dikalikan 12.

# 9 Margin Kontribusi per Pesanan / Pelanggan

Rumus: (Pendapatan - Biaya variabel langsung) / Jumlah pesanan

Margin Kontribusi Margin Kontribusi Margin kontribusi adalah pendapatan penjualan bisnis dikurangi biaya variabelnya. Margin kontribusi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menutupi biaya tetapnya (seperti sewa), dan setelah ditutup, setiap kelebihan dianggap pendapatan. (CM) adalah bagian yang sangat penting dari unit ekonomi dalam bisnis e-commerce. Metrik ini dihitung dengan mengambil pendapatan per pesanan dan mengurangi biaya variabel per pesanan.

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki pendapatan $ 25 juta, harga pokok penjualan. Akuntansi Panduan dan sumber daya Akuntansi kami adalah panduan belajar mandiri untuk mempelajari akuntansi dan keuangan sesuai kemampuan Anda. Jelajahi ratusan panduan dan sumber daya. sebesar $ 12 juta, dan biaya pengiriman / pemenuhan $ 8 juta. Dalam kurun waktu tersebut, perusahaan menerima 1 juta pesanan.

Margin kontribusi Margin Kontribusi Margin kontribusi adalah pendapatan penjualan bisnis dikurangi biaya variabelnya. Margin kontribusi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menutupi biaya tetapnya (seperti sewa), dan setelah ditutup, setiap kelebihan dianggap pendapatan. per pesanan sama dengan ($ 25 juta - $ 12 juta - $ 8 juta / 1 juta pesanan

CM = $ 5 per pesanan

Kursus penilaian dan pemodelan e-niaga kami akan memandu Anda melalui langkah demi langkah ini.

metrik penilaian e-niaga

# 10 Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC)

Rumus: Beban pemasaran / Jumlah pelanggan baru

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) Biaya akuisisi pelanggan (CAC) adalah biaya yang terkait dengan mendapatkan pelanggan baru. Dengan kata lain, CAC mengacu pada sumber daya dan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan tambahan. Biaya akuisisi pelanggan adalah metrik bisnis utama yang biasanya digunakan bersama metrik nilai umur pelanggan (LTV) adalah salah satu metrik e-niaga terpenting lainnya. Untuk menghitungnya, kita perlu mengetahui jenis program pemasaran apa yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan.

Ada tiga jenis utama pengeluaran pemasaran:

  • CPM - Biaya per 1.000 tayangan (M dalam CPM adalah singkatan dari simbol Latin "m" yang berarti ribuan)
  • BPK - Biaya per Klik
  • CPA - Biaya per Akuisisi

Contoh sederhana CAC adalah sebagai berikut. Sebuah perusahaan menghabiskan $ 10 juta untuk pemasaran dan memperoleh 1 juta pelanggan baru. Oleh karena itu, CAC adalah $ 10.

Namun, segalanya menjadi lebih rumit, karena beberapa dari pemasaran ini mungkin telah diarahkan ke pelanggan yang sudah ada yang hanya kembali ke situs. Penting untuk menghapus bagian dari pengeluaran pemasaran itu, jika memungkinkan.

# 11 Margin Kontribusi Setelah Pemasaran (CMAM)

Rumus: Pendapatan - Biaya variabel langsung - Beban pemasaran) / Jumlah pesanan

Margin Kontribusi Setelah Pemasaran (CMAM) mirip dengan metrik CM sederhana di atas, namun, metrik ini menetapkan bahwa pemasaran termasuk dalam biaya variabel. Jika seseorang mengacu pada "margin kontribusi", mereka mungkin harus menjelaskan apakah itu termasuk pengeluaran pemasaran atau tidak. Dengan CMAM, jelas bahwa pengeluaran pemasaran diperhitungkan.

# 12 Tingkat Pengadukan

Rumus: Jumlah Pelanggan yang Hilang / Total Pelanggan

Churn Rate adalah persentase pelanggan yang "keluar" dari bisnis (bukan lagi pelanggan) dalam jangka waktu tertentu (biasanya, tahunan). Misalnya, tahun lalu sebuah perusahaan memiliki 20.000 pelanggan, menambah 2.000 pelanggan baru di tahun tersebut, dan pada akhir tahun ini memiliki 17.000 pelanggan.

Churn rate akan sama dengan (20.000 - 17.000 + 2.000) / 20.000

Tingkat churn = 25%

Ini adalah salah satu poin inti yang dibahas dalam kursus penilaian e-niaga kami.

# 13 Nilai Pembakaran (dan Landasan Pacu)

Rumus: Jumlah uang tunai rata-rata yang hilang per bulan

Nilai Pembakaran Tunai Nilai Pembakaran Nilai Pembakaran mengacu pada tingkat di mana perusahaan menghabiskan kumpulan kasnya dalam skenario yang menimbulkan kerugian. Perusahaan yang burn rate-nya merupakan metrik umum adalah nilai uang tunai yang hilang per bulannya. Tingkat pembakaran tunai dapat digunakan untuk menentukan landasan pacu perusahaan, yaitu total saldo kas dibagi dengan tingkat pembakaran tunai bulanan. Angka ini memberi tahu investor dan manajemen berapa bulan lagi perusahaan dapat terus bertahan pada tingkat pembakarannya saat ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang metrik penilaian startup, lihat kursus pemodelan keuangan startup kami.

metrik penilaian startup - tingkat pembakaran

# 14 Nilai Umur (LTV)

Formula: CMAM / Churn rate

Nilai Umur (LTV) pelanggan adalah nilai total, rata-rata, yang diharapkan diperoleh bisnis. Ini adalah salah satu metrik e-niaga yang paling subjektif, karena ada banyak cara berbeda untuk berpikir tentang "nilai". Ini adalah metrik penilaian e-niaga yang penting.

Salah satu cara paling akurat untuk memikirkan nilai adalah Margin Kontribusi Setelah Pemasaran (CMAM) per pelanggan, per tahun. Berhati-hatilah dengan penghitungan LTV yang menggunakan pendapatan sebagai ukuran nilai (apakah tidak ada biaya variabel dalam bisnis ini?).

Setelah kami menetapkan nilai, kami perlu mengetahui berapa lama pelanggan ini akan tetap aktif, sebelum mereka melakukan Churn. Untuk memperhitungkan hal ini, kami mengambil Churn Rate yang dapat diamati dari waktu ke waktu untuk bisnis tersebut.

Rumus LTV rinci adalah:

LTV = CMAM (tahunan) / tingkat churn

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki CMAM rata-rata $ 30 dan churn rate 25%.

LTV = $ 30 / 0,25

LTV = $ 120

Kami membedah LTV secara lebih detail dalam kursus pemodelan keuangan awal kami.

# 15 Rasio LTV / CAC

Rumus: (CMAM / Churn rate) / (Beban pemasaran / Jumlah pelanggan baru)

Setelah kita mengetahui LTV dan CAC (lihat contoh keduanya di atas), ada gunanya untuk melihat rasio LTV / CAC Rasio LTV CAC Rasio LTV / CAC membandingkan biaya rata-rata untuk mendapatkan pelanggan dengan nilai umur rata-rata pelanggan. Rasio tersebut digunakan di eCommerce dan SaaS di antara keduanya sehingga perbandingan dapat dibuat antara perusahaan yang berbeda, dan tren dapat dianalisis dari waktu ke waktu.

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki biaya akuisisi pelanggan sebesar $ 10 dan nilai umur setiap pelanggan baru adalah $ 40, maka rasio LTV / CAC-nya adalah 4x.

Semakin tinggi rasionya semakin baik (semuanya sama).

LTV metrik penilaian internet

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat kursus kami tentang metrik penilaian e-niaga.

# 16 Pembayaran kembali (# pesanan, atau waktu)

Rumus: CAC / CMAM

Untuk banyak bisnis e-niaga, pesanan pertama yang dilakukan pelanggan tidak menguntungkan bagi perusahaan, dan mungkin diperlukan beberapa pesanan untuk membayar kembali biaya perolehannya. Misalnya, perusahaan memiliki margin kontribusi sebelum pemasaran $ 10 per pesanan dan biayanya $ 20 untuk mendapatkan pelanggan baru. Dalam kasus ini, dibutuhkan 2 pesanan untuk "membayar kembali" biaya akuisisi pelanggan.

Perlu dicatat bahwa asumsi utamanya adalah tidak ada uang yang dibelanjakan untuk mendapatkan kembali pelanggan yang sama di masa mendatang. Ini bisa menjadi asumsi yang menantang, karena pelanggan tetap dapat mengeklik iklan berbayar saat mereka kembali untuk membuat pesanan di masa mendatang.

Kami membahas nuansa Payback Payback Period Payback period menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan bisnis untuk mendapatkan kembali investasi. secara lebih rinci dalam metrik penilaian startup dan kursus pemodelan keuangan kami.

# 17 Koefisien Viral

Rumus: Jumlah pelanggan yang ada x Jumlah undangan yang dikirim per pengguna x tingkat konversi / Jumlah pelanggan yang ada

Koefisien viral menunjukkan tingkat pertumbuhan eksponensial yang dialami perusahaan dengan melihat jumlah undangan atau rujukan yang dikirim per pengguna, tingkat konversi undangan tersebut, dan jumlah total pengguna saat ini.

Misalnya, sebuah perusahaan menentukan bahwa rata-rata setiap pengguna mengirimkan 7 undangan bagi pengguna baru untuk bergabung, rata-rata rasio konversi dari undangan tersebut adalah 20% dan saat ini terdapat 1.000 pelanggan. Koefisien virus adalah 1000 x 7 x 0,2 / 1000 = 1,4.

Semakin tinggi angkanya semakin baik, semuanya sama.

Lebih Banyak Metrik dan Sumber Daya Internet

Kami berharap ini menjadi panduan yang berguna untuk metrik penilaian e-niaga dan internet. Untuk terus memperluas penilaian startup pengetahuan Anda, kami sangat merekomendasikan sumber daya gratis berikut:

  • Analisis Laporan Keuangan Analisis Laporan Keuangan Bagaimana melakukan Analisis Laporan Keuangan. Panduan ini akan mengajarkan Anda untuk melakukan analisis laporan keuangan dari laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas termasuk margin, rasio, pertumbuhan, likuiditas, leverage, tingkat pengembalian dan profitabilitas.
  • Cara membuat Template Pitch Deck Investasi PitchBook Template pitch deck gratis ini didasarkan pada ratusan presentasi investor yang pernah saya lihat. Unduh templat gratis untuk membuat presentasi singkat investor Anda. Template PPT ini dapat digunakan untuk membuat promosi Anda sendiri untuk meningkatkan modal atau memberikan hadiah kepada investor untuk menceritakan kisah Anda.
  • Panduan Pemodelan Keuangan Panduan Pemodelan Keuangan Gratis Panduan pemodelan keuangan ini mencakup tip Excel dan praktik terbaik tentang asumsi, pendorong, peramalan, menghubungkan tiga pernyataan, analisis DCF, lebih banyak lagi
  • Perpustakaan Template Keuangan Keuangan

Direkomendasikan

Apakah Crackstreams dimatikan?
2022
Apakah pusat komando MC aman?
2022
Apakah Taliesin meninggalkan peran penting?
2022